Pelepasan Burung Dan Benih Ikan Ke Habitatmya Dalam Rangka Perayaan Tumpek Landep Di Desa Banyuseri

Made Agustini 26 Maret 2023 00:35:38 WITA

Dalam rangka mendukung Instruksi Gubernur Bali tentang perayaan tumpek uye,Pemerintah Desa berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Adat (Bandesa Adat dan Prajuru Adat) Desa Banyuseri pada tanggal 26 Maret 2023,dilaksanakan persembahyangan,resik sampah di tempat sumber mata air dan pelepasan burung dan benih ikan kehabitatnya.

Tumpek Kandang/Uye merupakan salah satu perwujudan rasa kasih dan sayang dan sayang serta ungkapan rasa terima kasih manusia kepada binatang peliharaan/ternak. Saniscara Uye merupakan Tumpek kandang untuk mengupacarai semua jenis binatang,ternak maupun bintaang lainnya. Tumpek Kandang/Uye jatuh setiap 6 bulan sekali menurut perhitungan sasih Bali yaitu setiap 210 hari,tepatnya Saniscara Kliwon Uye.

Pada Tumpek Kandang,umat menghaturkan persembahyangan kepada Sang Hyang Rare Angon sebagai manifestasi dari Dewa Siwa yang berfungsi sebagai penguasa dan penjaga semua binatang dengan tujuan untuk diberi keselamatan pada semua hewan peliharaan da ternak agar bisa bermanfaat dan hasilnya melimpah sesuai dengan harapan pemiliknya.     

Komentar atas Pelepasan Burung Dan Benih Ikan Ke Habitatmya Dalam Rangka Perayaan Tumpek Landep Di Desa Banyuseri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KALENDER BALI

Lokasi Banyuseri

tampilkan dalam peta lebih besar